18 Desember 2016

Pentingnya Pengambilan Keputusan dalam Organisasi

Organisasi yang hanya menunggu sampai suatu masalah muncul dan menjadi besar tanpa mengambil suatu keputusan untuk memecahkan masalah akan membahayakan keberlangsungan organisasi tersebut,  bahkan mungkin bisa menjadikannya sebagai organisi tertinggal dan dilupakan banyak orang.




PENTINGNYA PENGAMBILAN KEPUTUSAN
DALAM ORGANISASI
Oleh : Maria Nunik Andina L


Pengambilan keputusan adalah suatu proses pemilihan alternatif , dan merupakan salah satu faktor penting dalam suatu kehidupan organiasi. Karena setiap kegiatan atau peristiwa dibutuhkan adanya satu keputusan untuk melalui suatu proses yang selanjutnya akan menentukan hasil atau out put yang akan dicapai.

Organisasi yang hanya menunggu sampai suatu masalah muncul dan menjadi besar tanpa mengambil suatu keputusan untuk memecahkan masalah akan membahayakan keberlangsungan organisasi tersebut,  bahkan mungkin bisa menjadikannya sebagai organisi tertinggal dan dilupakan banyak orang. Oleh karena itu organisasi perlu memiliki orang-orang yang mampu membuat keputusan yang baik dan melaksanakannya dengan baik juga.

Seorang pemimpin dituntut harus mampu untuk membuat suatu keputusan yang tepat,  efektivitas kepemimpinan seseorang diukur dengan tolak ukur organisasional. Yaitu diukur berdasarkan tercapai atau tidaknya tujuan dan sasaran organisasi dan bukan di ukur dari tercapainya  tujuan dan sasaran pribadi.

Pengambilan keputusan yang dibuat dilingkungan organisasi haruslah memperhitungkan situasi dan kondisi di luar organisasi tersebut karena situasi dan kondisi di luar organisasi juga turut mempengaruhi kehidupan dan kegiatan suatu organisasi.  Pengambilan keputusan yang hanya melihat ke dalam organisasi akan membuat keputusan tersebut hanya memiliki dampak positif yang berjangka pendek saja namun juga harus memikirkan dampak negatif  berjangka yang cukup panjang.   

Dengan metode keputusan yang rasional, maka pemikiran akan dampak suatu pengambilan keputusan akan lebih luas cakupannya, sehingga tujuan dan sasaran yang dibuat akan lebih rasional. Pada langkah-langkah yang sistematis dan logis juga akan lebih memudahkan dalam menelusuri kembali proses pengambilan keputusan bila ternyata terjadi kekeliruan. Dengan penelusuran itu kesalahan-kesalahan dapat diperbaiki dan kita dapat menjadi semakin baik dalam membuat keputusan.



-------000------





2 komentar:

  1. http://beritataipan994.blogspot.com/2017/06/taipanqq-makan-siang-di-bantul-obama.html

    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER

    BalasHapus