Orang tua adalah pendidik pertama dan utama dan terpenting, Sekolah tidak dapat memberikan semua kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan peserta dididknya, sehingga diperlukan keterlibatan bermakna dari orang tua/keluarga dan masyarakat yang merupakan ‘TRI SENTRA PENDIDIKAN” yang sangat penting untuk dapat menjamin pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu perlu dibangun kemitraan antara sekolah, keluarga dan masyarakat.
KEMITRAAN TRI SENTRA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Disusun oleh: Maria Nunik Andina. L
Orang tua adalah pendidik pertama dan utama dan terpenting, Sekolah tidak dapat memberikan semua kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan peserta dididknya, sehingga diperlukan keterlibatan bermakna dari orang tua/keluarga dan masyarakat yang merupakan ‘TRI SENTRA PENDIDIKAN” yang sangat penting untuk dapat menjamin pertumbuhan anak secara optimal. Untuk itu perlu dibangun kemitraan antara sekolah, keluarga dan masyarakat.
1. Bagi peserta didik:
a. Mendukung prestasi akademik,2. Bagi orang tua
b. meningkatkan kehadiran,c. kesadaran terhadap kehidupan sehat,
d. meningkatkan perilaku positif
a. Memperbaiki pandangan terhadap sekolah
b. Meningkatkan kepuasaan terhadap gur
c. Mempererat hubungan dengan anak
c. Mempererat hubungan dengan anak
3. Bagi sekolah
a. Memperbaiki iklim sekolah
b. Meningkatkan kualitas sekolah
c. Mengurangi masalah kedisiplinan.
KEMITRAAN ‘‘ TRI SENTRA PENDIDIKAN”
Adalah upaya kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat yang berlandaskan pada azas gotong royong, kesamaan kedudukan, saling percaya, saling menghormati, dan kesediaan untuk berkorban dalam membangun ekosistem pendidikan yang menumbuhkan karakter dan BUDAYA PRESTASI peserta didik.
Untuk menjalin kerjasama dan keselarasan program pendidikan di satuan PAUD, keluarga, dan masyarakat sebagai Tri sentra pendidikan dalam membangun EKOSISTEM PENDIDIKAN yang kondusif untuk menumbuh kembangkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik.
EKOSISTEM PENDIDIKAN:
Adalah tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh dari semua unsur pendidikan sehingga menghasilkan lingkungan belajar yang kondusif bagi tumbuh kembang anak secara optimal.
BUDAYA PRESTASI:
Adalah tatanan nilai, kebiasaan, kesepakatan yang direfleksikan dalam tingkah laku sehari-hari warga sekolah yang terkait dengan pencapaian prestasi sekolah sebagai institusi maupun prestasi individu peserta didik sesuai bakat, minat, dan potensi masing-masing.
SASARAN KEMITRAAN TRI SENTRA PENDIDIKAN:
1. Kepala satuan PAUD
2. Komite Satuan PAUD
3. Organisasi mitra yang berkaitan dengan pelaksanaan program pendidikan keluarga
4. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai pembina teknis satuan pendidikan.
MODEL KEMITRAAN :
Dikembangkan dengan mendayagunakan antara satuan PAUD, keluarga, dan masyarakat atas dasar potensi dan sumberdaya keluarga dan masyarakat secara kolaboratif. Kemitraan dibangun atas dasar kebutuhan anak sehingga orang tua/wali dan masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam aktivitas yang berkaitan dengan sekolah.
1. Kesamaan hak, kesejajaran, dan saling menghargai
2. Semangat gotong royong dan kebersamaan
3. Saling melengkapi dan memperkuat
4. Saling asah, saling asih, dan saling asuh
BENTUK KEMITRAAN:
1. Penguatan komunikasi dua arah
2. Pendidikan orang tua (Parenting Education)
3. Kegiatan sukarela
4. Belajar dirumah
5. Kolaborasi dengan masyarakat
PERAN PELAKU KEMITRAAN TRI SENTRA PENDIDIKAN
1. Peran Satuan PAUD
a. Melakukan analisis kebutuhan
b. Menyusun program tahunan pendidikan keluarga
c. Melakukan pertemuan dengan orang tua/wali peserta didik
d. Melaksanakan program pendidikan keluarga
e. Melakukan supervisi dan evaluasi.
Unsur-unsur yang memiliki peran utama dalam program pendidikan keluarga di satuan PAUD adalah:
a. Kepala Satuan PAUD:
1) Menetapkan kebijakan yang mendukung penyelenggaraan program pendidikan keluarga
2) Menyusun rancangan kegiatan program pendidikan keluarga
3) Mengelola warga satuan PAUD dan anggaran yang ada di satuan PAUD maupun dari pihak mitra untuk mendukung pencapaian tujuan program;
4) Menjalin hubungan dengan keluarga dan masyarakat untuk menunjang pelaksanaan program;
5) Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dengan melibatkan seluruh mitra.
b. Guru kelas:
1) Mendukung kebijakan program pendidikan keluarga.
2) Menjadi fasilitator antara pihak sekolah dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat.
3) Menjadi motivator dan inisiator dalam kegiatan pendidikan karakter dan budaya prestasi bagi peserta didik.
4) Mengevaluasi pencapaian hasil program peserta didik yang mencakup terbentuknya prestasi dan karakter.
c. Komite satuan:
1) Mendukung kebijakan program kemitraan yang telah ditetapkan satuan PAUD
2) Memantau pelaksanaan program kemitraan yang telah ditetapkan bersama satuan PAUD.3) Memberi saran perbaikan atas pelaksanaan program kemitraan
4) Melakukan evaluasi program kemitraan yang telah dilaksanakan satuan PAUD.
2. Peran orang tua/wali:
a. Menciptakan lingkungan belajar di rumah yang menyenangkan dan mendorong perkembangan budaya prestasi anak;
b. Menjalin interaksi dan komunikasi yang hangat dan penuh kasih sayang dengan anak;
c. Memberi motivasi dan menanamkan rasa percaya diri pada anak;
d. Menjalin hubungan dan komunikasi yang aktif dengan pihak satuan PAUD untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
e. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan anak di satuan PAUD;
f. Memiliki inisiatif untuk menggerakan orang tua/wali lain agar terlibat dalam pengambilan keputusan di satuan PAUD dan masyarakat.
3. Peran masyarakat:
a. Mengembangkan dan menjaga keberlangsungan penyelenggaraan proses pendidikan yang menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan keluarga.
b. Menyelenggarakan dan mengendalikan mutu layanan pendidikan, baik dilakukan secara perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, dunia usaha, maupun organisasi kemasyarakatan.
Sumber : Juknis Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan keluarga dan
Masyarakat ( Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Dirjen PAUD dan
Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
0 komentar:
Posting Komentar