30 Juni 2016

Mengkaji kekuatan dan kelemahan dalam upaya keberhasilan usaha

Sebelum badan usaha melakukan kegiatan hendaknya mawas diri, mawas diri yaitu mengkaji kek uatan dan kelemahan diri sebelum menentukan tujuan dan menggariskan tindakan pencapaian tujuan yang merupakan konsekuensi logis yang perlu ditempuh perusahaan agar supaya lancar didalam  operasinya.




MENGKAJI KEKUATAN DAN KELEMAHAN DALAM UPAYA KEBERHASILAN USAHA


Sebelum badan usaha melakukan kegiatan hendaknya mawas diri, mawas diri yaitu mengkaji kek uatan dan kelemahan diri sebelum menentukan tujuan dan menggariskan tindakan pencapaian tujuan yang merupakan konsekuensi logis yang perlu ditempuh perusahaan agar supaya lancar didalam  operasinya.

KEKUATAN DAN KELEMAHAN PERUSAHAAN
Kekuatan dan kelemahan perusahaan disini terdiri dari atas segi opersional dan segi manajerial, yang masing-masing terdiri atas :
1.     Segi operasional :
a.       Pemasaran
b.      Produksi
c.       Personalia
d.      Keuangan
e.      Administrasi/akuntasi

2.     Segi manajerial
a.       Fungsi perencanaan
b.      Fungsi pengorganisasian
c.       Fungsi pengarahan
d.      Fungsi pengkoordinasian
e.      Fungsi pengawasan

Segi  operasional masing-masing perlu diisi dengan segi manajerial  artinya pemasaran harus direncana,  diorganisasikan, diarahkan, dikoordinasikan,  dan diawasi. Demikian pula produksi, personalia, keuangan dan administrasi-akuntasi harus direncana, diorganisasikan, diarahkan, dikoordinasikan dan diawasi.

SEGI OPERASIONAL
1.    Pemasaran
Dalam hal ini perlu ditinjau segi kemampuan perusahaan menyediakan produk dalam jumlah yang tepat seperti diminta konsumen. Selain itu perlu dikaji harga, salurah distribusi, iklan dan promosi penjualan yang lain.
2.    Produksi
Perlu dikaji usaha-usaha rancang bangun, proses dan pengawasan.  Apakah desain produk sudah baik, lokasi layout pabrik, R dan D, pemahaman standar-standar sudah memenuhi  kebutuhan atau belum. Bagaimana tentang lingkungan pekerjaan.  Selanjutnya apakah bahan yang diperlukan sudah dikelola dengan baik, bagaimana perencanaan dan pengawasan produksinya. Akhirnya bagaimana pengawasan kualitas dan biaya-biaya.
3.    Personalia
Bagaimana rekrut personalia, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan baik jumlah maupun mutunya. Apakah ada program-program latihan, pemberian imbalan dan penempatan yang benar.  Adakah penilaian untuk promosi karyawan, apakah ada program lain bagi kesejahteraan karyawan.
4.    Keuangan
Apakah fungsi penarikan dana telah dijalankan sebagaimana mestinya. Bagaimana tentang alokasi dana, adakah ukuran investasi  diterapkan disini, adakah anggaran telah dibuat.
5.   Administrasi/akuntasi
Bagaimana informasi dikumpulkan, sudah adakah sistem informasi  yang tepat, apakah sudah dilakukan usaha analisis kinerja terutama dari segi finansial. Apakah sudah ada sistem pengawasan  manajemen.


SEGI MANAJERIAL
1.       Perencanaan
Apakah sudah ditentukan tujuan organisasi, adakah strategi,  kebijaksanaa dan taktik yang digariskan? Apakah prosesnya ilmiah?.
2.      Organisasi
Apakah fungsi diorganisasi verifikasi dan horisontal, apakah hubungan sudah mengatur pembagian wewenang, tanggung jawab dan pelaporan yang jelas, bagaimana struktur diatur, garis, garis-staff, atau fungsional.
3.      Pengarahan
Apakah ada instruksi yang jelas, motivasi dan akibat positifnya; apakah/bagaimana corak/gaya pimpinan.
4.       Koordinasi
Apakah sistem dan prosedur yang digunakan sudah sesuai dengan karateristik anggota organisasi. Adakah sistem komunikasi yang baik dari dalam organisasi sehingga menimbulkan kerjasama  yang baik.
5.       Pengawasan
Sudah adakah ukuran atau standar dimana kinerja diperbandingkan. Tindakan apa yang perlu diambil agar segala sesuatu sesuai dengan ukuran yang telah disetujui  bersama.

UNSUR  KEBERHASILAN PERUSAHAAN
Kekuatan dan kelemahan yang ada pada organisasi  merupakan tonggak penentu keberhasilan perusahaan. Dilain pihak perusahaan konsultan Mc. Kinsey mengemukakan unsur-unsur keberhasilan perusahaan, yaitu adanya :
1.       Strategi:
 Yaitu cara perusahaan mencapai tujuan.
2.       Struktur:
 Merupakan kerangka dasar tanggung jawab fungsi, komunikasi-informasi, dan proses pengambilan  keputusan.
3.        Sistem:
 Yaitu fasilitas perencanaan dan pengawasan.
4.        Staf:
 Berupa sumber daya manusia.
5.       Ketrampilan:
Yaitu kemampuan staf dan keseluruhan organisasi.
6.        Corak manajemen:
 Berupa  perilaku manajemen dalam memimpin dan  memotivasi organisasi dalam mencapai tujuan.
7.        Nilai dalam tujuan bersama:
 Yaitu nilai dan tujuan yang diakui bersama sebagai  perekat organisasi
8.       Suksesi manajemen yang lancar

8 SYARAT KESUKSESAN PERUSAHAAN
Didalam bukunya “in search of Excellence” T.J.Peter dan R.H. Waterman mengemukakan 8  syarat kesuksesan perusahaan, yaitu :
1.       Tindakan yang cepat dan pelaksanaan yang baik.
2.       Struktur yang sederhana dan staf yang sedikit.
3.       Kontak langganan secara terus menerus.
4.       Peningkatan produktivitas melalui karyawan.
5.       Otonomi operasional dan mendorong usahanya.
6.       Satu tujuan, misalnya pelayanan, atau penekanan biaya atau produktivitas atau kualitas.
7.       Tekanan pada apa yang benar-benar dikuasi
8.       Manajemen kombinasian keras-lunak sesuai situasi dn kondisi

Demikian kajian ini semoga bermanfaat dalam  penyusunan strategi  dunia usaha agar pencapaian tujuan dapat dicapai secara optimal.

Sumber : Prof.Dr.Sukanto Reksohadiprodjo, M.Com dalam ‘Manajemen Strategi” 

0 komentar:

Posting Komentar