21 Juli 2016

Mengenal Gugus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Keterbatasan pemerintah dalam memberikan pelatihan dan pendampingan yang berjenjang dan berkelanjutan menjadi salah satu kendala pemerataan dan peningkatan kompetensi pendidik PAUD, oleh karena itu harus diseimbangkan dengan dukungan aktif dari masyarakat dan Pemerintah Daerah

MENGENAL GUGUS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Percepatan dan akses pelayanan pendidikan anak usia dini merupakan salah satu kebijakan strategis yang digulirkan oleh Pemerintah. Sejalan dengan kebijakan tersebut penambahan dan peningkatan kompetensi dan kapasitas pendidik PAUD menjadi tuntutan yang tidak dapat diabaikan, Berbagai program dikembangkan dalam rangka menunjang kebijakan tersebut, antara lain: pelatihan, magang, pendampingan dsb.

Keterbatasan pemerintah dalam memberikan pelatihan dan pendampingan yang berjenjang dan berkelanjutan menjadi salah satu kendala pemerataan dan peningkatan kompetensi pendidik PAUD, oleh karena itu harus diseimbangkan dengan dukungan aktif dari masyarakat dan Pemerintah Daerah

Salah satu strategi mutu yang telah diberlakukan selama ini adalah melalui pengembangan Gugus. Dalam upaya peningkatan mutu pendidik, maka  keberadaan gugus PAUD   sebagai pintu masuk pertama (starting gate) yang strategis,  hal tersebut didasarkan pada dua pemikiran yaitu:

1. Wadah berkumpulnya para pendidik pada level bawah dan paling memungkinkan bagi para pendidik untuk saling berinteraksi dan berdiskusi secara cepat dalam mencari solusi terhadap permasalahan keseharian yang dihadapi disekolah.
2. Wahana pembinaan profesi bagi pendidik dan pengelola/kepala lembaga PAUD oleh unsur dan instansi terkait.

Sedangkan Gugus PAUD itu sendiri adalah  kumpulan 3-8 lembaga PAUD yang berdomisili dalam area terdekat dan merupakan wadah strategi yang dibangun dari, oleh dan untuk pendidik dan tenaga tenaga kependidikan. Dan Kepengurusan, program, bentuk kegiatan direncanakan, dikembangakan, dan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan profesi pendidik sesuai dengan kebutuhan anggota.

TUJUAN GUGUS PAUD
1. Tujuan umum:
untuk meningkatkan kinerja Pembina pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengelola program PAUD secara profesional yang efisien dan efektif.
2. Tujuan khusus:
Menjadi wahana pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dalam hal:
Pengembangan dan inovasi pembelajaran PAUD
 Peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan dalam peningkatan mutu layanan anak   usia dini sesuai dengan tahap perkembangannya
Optimalisasi sumber belajar, sarana/prasarana dan potensi lingkungan untuk peningkatan, pengembangan    dan eksistensi anggota Gugus PAUD.
Peningkatan komunikasi yang efisien dan efektif antar anggota komunitas Gugus PAUD, Gugus dengan   orang tua dan masyarkat.
Fasilitasi terhadap akses fasilitas sumber-sumber pembelajaran dari lingkungan an pemerintah.

FUNGSI  GUGUS PAUD

  1. Wadah pembinaan professional dalam rangka meningkatkan kompetensi bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang terencana dan sistematis.
  2. sarana untuk saling bertukar informasi dan saling membelajarkan antar anggota dan anggota dengan lingkungan masyarakat.
  3. Sebagai bengkel kerja dalam penyediaan dan pengembangan kreasi dan inovasi di bidang pembelajaran PAUD.
  4. Sarana pembinaan kelembagaan PAUD secara efektif dan efisien


PEMBENTUKAN  GUGUS PAUD
Ketentuan yang diperhatikan dalam pembentukan Gugus adalah

  1. Jarak PAUD dalam satu Gugus PAUD relatif saling berdekatan.
  2. Satu gugus terdiri dari 3 sampai 8 lembaga PAUD.
  3. Setiap gugus memiliki 1 PAUD inti dan lainnya sebagai PAUD imbas.
  4. PAUD inti dipili berdasarkan kesepakatan dengan memperhatikan persyaratan:  
  •  Letaknya mudah terjangkau oleh pendidik/kepala/pengelola PAUD Imbas.
  • Lokasi lingkungan memungkinkan untuk dikembangkan sebagai tempat berbagai kegiatan
  • Kualifikasi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang memenuhi  ketentuan yang ditetapkan standar PAUD
  • Memiliki inovasi dalam bidang tertentu, dan terbuka terhadap perkembangan keilmuan PAUD
  • Memiliki fasilitas dan sumber belajar yang memadai.
  • Memiliki manajemen PAUD yang baik .

  • 5.  Setiap gugus menyusun kepengurusan, membuat visi, misi dan program kerja gugus, serta terdaftar      secara aktif di kelompok kerja Gugus PAUD kecamatan


Semoga  melalui pembinaan Gugus PAUD diharapkan dapat meningkatkan dan memperkuat mutu dan eksistensi Pendidik PAUD yang akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan layanan PAUD yang lebih baik.


1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum. Ijin bertanya.klo misalnya lembaga kita sebagai gugus inti. Apa yg harus disiapkan? Apakah ada aturan harus punya ruangan sendiri khusus untuk gugus? Atau bisa digabung dgn ruang kepsek dgn mempunyai 1 rak/almari khusus untuk gugus?

    BalasHapus