Adalah merupakan integrasi dari perkembangan aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosional, serta seni.
Perkembangan tersebut merupakan perubahan perilaku yang berkesinambungan dan terintegrasi dari faktor genetik dan lingkungan serta meningkat secara individual baik kuantitatif maupun kualitatif.
MENGENAL STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STTPA)
Disusun oleh : MARIA NUNIK ANDINA L
Standar Pencapaian Tingkat Perkembangan Anak (STTPA) adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan, mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional serta seni.
Jadi STTPA ini merupakan acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidk dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD. Dan STTPA ini merupakan acuan yang dipergunakan dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak merupakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang dicapai pada rentang usia tertentu.
Adalah merupakan integrasi dari perkembangan aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosional, serta seni.
Perkembangan tersebut merupakan perubahan perilaku yang berkesinambungan dan terintegrasi dari faktor genetik dan lingkungan serta meningkat secara individual baik kuantitatif maupun kualitatif.
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD disebut sebagai kompetensi Inti, dimana pencapaian perkembangan anak yang mengacu pada kompetensi inti merupakan kompetensi dasar.
Merupakan pertambahan berat dan tinggi badan yang mencerminkan kondisi kesehatan dan gizi yang mengacu pada panduan pertumbuhan anak dan dipantau menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Kmeliputi Kartu Menuju Sehat (KMS), Tabel BB/TB, dan alat ukur lingkar kepala.
Bagaimnaka pentahapan usia dalam STTPA ?
No Tahap usia anak Kelompok usia
1 0 – 2 Tahun
a. Lahir – 3 bl
b. 3 – 6 bulan
c. 6 – 9 bulan
d. 9 – 12 bulan
e. 12 – 18 bulan
f. 18 – 24 bulan
2 2 – 4 Tahun
a. 2 – 3 tahun
b. 3 – 4 tahun
3 4 – 6 Tahun
a. 4 – 5 tahun
b. 5 – 6 tahun
Pencapaian pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal membutuhkan keterlibatan orang tua dan orang dewasa serta akses layanan PAUD yang bermutu. Semoga tulisan ini dapat memberikan wawasan pada orang tua, orang dewasa dan pemerhati pendidikan untuk lebih mengenal dan memahami tentang pencapaian perkembangan anak .
0 komentar:
Posting Komentar